Apa Itu Swapping Memory ? - LAYABOUTING

Sabtu, 05 Oktober 2019

Apa Itu Swapping Memory ?

Apa Itu Swapping Memory
Apa Itu Swapping Memory ? - LAYABOUTING - Memory swapping adalah teknologi komputer yang memungkinkan sistem operasi menyediakan lebih banyak memori untuk aplikasi atau proses yang sedang berjalan daripada yang tersedia dalam memori akses acak fisik (RAM). Ketika memori sistem fisik habis, sistem operasi dapat memilih untuk menggunakan teknik pertukaran memori untuk mendapatkan memori tambahan.


Memory swapping adalah salah satu dari beberapa teknik manajemen memori dalam sistem modern. Memori fisik saja kadang-kadang tidak cukup, itulah sebabnya ada berbagai cara menambah RAM dalam sistem dengan opsi tambahan ini.

Dalam artikel Enterprise Storage Forum ini kami mendefinisikan tentang apa yang dimaksud dengan penggunaan swap, bersama dengan kelebihan dan kekurangan dari pertukaran dalam manajemen memori.

Bagaimana Memory Swapping Meningkatkan Kinerja

Penukaran memori berfungsi dengan memanfaatkan memori virtual dan ruang penyimpanan dalam pendekatan yang menyediakan sumber daya tambahan bila diperlukan. Singkatnya, memori tambahan ini memungkinkan komputer berjalan lebih cepat dan menghasilkan data yang lebih baik.
Dengan pertukaran memori, sistem operasi menggunakan ruang disk penyimpanan untuk menyediakan fungsional yang setara dengan ruang eksekusi penyimpanan memori. Ruang pada perangkat penyimpanan disebut sebagai "ruang swap" dan digunakan untuk menjalankan proses yang telah ditukar dengan memori fisik utama.

Proses pertukaran memori dikelola oleh sistem operasi atau oleh hypervisor mesin virtual. Bertukar sering diaktifkan secara default, meskipun pengguna dapat memilih untuk menonaktifkan kemampuan.

Proses pertukaran memori aktual dan pembuatan file swap dikelola secara otomatis oleh sistem operasi. Ini dimulai ketika diperlukan karena RAM fisik digunakan dan kapasitas tambahan diperlukan oleh proses dan aplikasi. Karena RAM tambahan diperlukan, keadaan halaman memori fisik dipetakan ke ruang swap, memungkinkan bentuk kapasitas memori virtual (non-fisik RAM).

Dengan kata lain, tujuan utama swapping dalam manajemen memori adalah untuk memungkinkan lebih banyak memori yang dapat digunakan daripada yang dipegang oleh perangkat keras komputer.

Ada kalanya memori fisik akan dialokasikan dan suatu proses membutuhkan memori tambahan. Daripada membatasi suatu sistem hanya memiliki memori yang didasarkan pada RAM fisik, pertukaran memori memungkinkan sistem operasi dan penggunanya untuk memperluas memori ke disk.

Penukaran memori adalah komponen penting dari manajemen memori modern yang membantu memastikan ketersediaan dan stabilitas sistem secara keseluruhan.

Apa itu Swap Space atau Swap File?

Swap space adalah ruang penyimpanan yang digunakan sebagai kapasitas memori sementara, ketika ruang memori fisik sudah habis. File swap adalah file penyimpanan disk fisik untuk ruang swap yang digunakan oleh sistem operasi untuk menambah memori yang dapat digunakan.

Memahami file swap dan ruang swap adalah semua tentang memahami manajemen memori. Memori fisik dalam sistem operasi modern tersegmentasi dalam berbagai cara, menggunakan memori virtual sebagai abstraksi untuk menggabungkan RAM fisik dan sering bertukar ruang, sebagai RAM yang dapat digunakan untuk proses aplikasi. Dalam manajemen memori, sistem operasi menggunakan tabel halaman untuk membagi dan menentukan lokasi memori yang berbeda. Dengan pertukaran memori, isi memori yang disimpan dalam elemen fisik tabel halaman disalin ke disk untuk mempertahankan kondisi yang sama untuk proses.

File swap dan halaman memori yang terkait dapat dipulihkan ke area yang berbeda dari memori virtual sistem karena memori fisik direklamasi dari waktu ke waktu oleh sistem operasi.

Proses cara memeriksa memori swap dapat bervariasi berdasarkan sistem operasi. Dalam sistem operasi Microsoft Windows, informasi tentang memori swap terdaftar di bawah task manager sebagai memori virtual. Di Linux, ruang swap dapat diperiksa dari baris perintah dengan mengetik 'swapon-s', yang akan menunjukkan penggunaan ruang swap yang dialokasikan.

Keuntungan dari Memory Swapping

Lebih Banyak Memori. Penukaran memori adalah komponen penting dari manajemen memori, memungkinkan sistem operasi untuk menangani permintaan yang jika tidak akan membanjiri sistem.
Operasi Berkelanjutan. Memori file swap dapat ditulis ke disk secara terus-menerus, memungkinkan waktu pencarian yang lebih cepat untuk operasi.
Optimasi Sistem. Proses aplikasi yang kurang penting dan permintaan dapat diturunkan ke ruang swap, menghemat memori fisik kinerja lebih tinggi untuk operasi bernilai lebih tinggi.

Keterbatasan Tukar Memori

Performa. Ruang penyimpanan disk, ketika dipanggil dengan penukaran memori, tidak menawarkan kinerja yang sama dengan RAM fisik untuk eksekusi proses.
Keterbatasan Disk. File swap bergantung pada stabilitas dan ketersediaan media penyimpanan, yang mungkin tidak stabil seperti memori sistem.
Kapasitas. Penukaran memori dibatasi oleh ruang swap yang tersedia yang telah dialokasikan oleh sistem operasi atau hypervisor.
Comments

Masukan Komentar Dengan Bijak Serta Dapat Di Mengerti
EmoticonEmoticon