Sejarah & Perkembangan Prosesor Intel Hingga Saat Ini - LAYABOUTING

Rabu, 18 September 2019

Sejarah & Perkembangan Prosesor Intel Hingga Saat Ini

Sejarah & Perkembangan Prosesor Intel Hingga Saat Ini
Sejarah & Perkembangan Prosesor Intel Hingga Saat Ini | LAYABOUTING - Assalamua'laykum Para pengunjung blog yang semoga selalu diberikan rahmat dan kasih sayang oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala, kali ini Insya Allah Saya akan membahas tentang prosesor Intel, mulai dari sejarah dan perkembangannya hingga saat ini, sebelum kita membahas hal tersebut, untuk kalian yang belum mengetahui apa itu prosesor ? prosesor atau CPU (Central Prosessing Unit) atau Unit Pemroses Sentral atau dalam bahasa lainnya adalah otak komputer ini merupakan perangkat keras (hardware) yang bertugas untuk memahami & melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak (software) seperti Sistem Operasi, Aplikasi Browser, Dsb. Prosesor ini merupakan perangkat keras inti yang harus ada didalam komputer, sebagaimana otak kita kita, selain itu prosesor ini juga membutuhkan perangkat lain agar proses ini dapat bekerja secara baik, mulai dari heatsink yang bertugas membuang panas, serta mainboard yang bertugas untuk meletakkan prosesor itu sendiri lalu memahami perintah dari komponen yang tersambung dalam mainboard atau motherboard.
Jenis - Jenis Prosesor:
  1. Single-Core (1 inti)
  2. Dual-Core (2 inti)
  3. Quad-Core (4 inti)
  4. Hexa-Core (6 inti)
  5. Octa-Core (8 inti)
  6. Deca-Core (10 inti)

Sejarah & Perkembangan Prosesor Intel

Intel merupakan salah satu dari 7 atau lebih merk prosesor didunia, dan prosesor Intel merupakan salah satu prosesor yang banyak digunakan komputer seluruh dunia, selain komputer ada beberapa Smartphone juga ada yang menggunakan prosesor intel seperti Asus Zenfone 2 yang menggunakan proses Intel. Kata Intel merupakan singkatan dari “INTegrated ELectronics” yang didirikan dari 3 Orang Yaitu  Gordon Moore, Robert Noyce and Andy Grove.
Sebelum Tahun 1971, Yaitu 1969 Intel mengumumkan produk pertamanya, RAM statis 1101, metal oxide semiconductor (MOS) pertama di dunia. Ia memberikan sinyal pada berakhirnya era memori magnetis. Selanjutnya dikembangkan lagi pada tahun 1971 munculah microprocessor pertama Intel, microprocessor 4004 ini digunakan pada mesin kalkulator Busicom. Dengan penemuan ini maka terbukalah jalan untuk memasukkan kecerdasan buatan pada benda mati. Lalu berkembang tahun demi tahun,  Intel Pentium series pada tahun 1993 hingga 2000 Intel Pentium 4, Lanjut Lagi Intel Pentium Dual Core, Core 2 Duo, Hingga Berubah Kembali Menjadi Core I3, Core I5, Core I7, Dan Sekarang Tahun 2019 Intel Resmi Mengumumkan Intel Core I9 untuk PC Client, sebenarnya ada banyak Jenis prosesor yang dikeluarkan oleh Intel, ada yang khusus PC Client dan ada yang Khusus Server, yang membedekannya adalah jumlah transistor pada prosesor tersebut, semakin banyak transistor maka semakin besar juga kemampuan dari prosesor tersebut.
Macam-Macam Prosesor Intel

1. Prosesor Intel® Core™ 

Seri Terbaru Adalah I9 , Generasi Terbaru Adalah Generasi Ke-10 Yang Ada Pada I7, Tidak Menutup Kemungkinan, I9 Generasi Ke 9 Akan di Update Ke Generasi Ke-10 Juga, Biasanya Prosesor Ini Digunakan Untuk PC Client, Harga dari Prosesor Ini Juga Tergantung Pada Seri Dan Generasi, Semakin Baru Maka Harganya Semakin Mahal, Untuk Seri Terbaru I7 Generasi 10 Harganya Kisaran 5.7 Jt - 6 Jt.
2.Prosesor Intel® Pentium®
Untuk Intel Pentium Ini Juga Mempunyai Banyak Seri Seperti Seri D,G,J,N Untuk Segmen Server, Gold & Silver Untuk PC Client / Dekstop, Lalu Seri 1000 - 4000 Untuk Mobile atau Biasanya Untuk Notebook Atau Laptop. Dengan Harga Paling Mahal Sekitar 1.3 Jt.
3.Prosesor Intel® Celeron®
Prosesor  Intel Celeron ini hampir mirip dengan Seri Intel Pentium, Perbedaannya Adalah Prosesor Seri Ini Mempunyai Kecepatan lebih rendah serta harga yang lebih murah, dengan yang paling mahal hanya 700 Ribuan.

4.Prosesor Intel® Xeon®
Prosesor Intel Xeon ini di desain khusus untuk Server, Untuk seri terbarunya yaitu E7-8894 v4 dengan jumlah core / inti mencapai 24 core, dan semakin banyak core ini semakin banyak juga aktivitas yang bisa dilakukan oleh sebuah prosesor dalam satu waktu yang lama, sehingga perangkat dapat bekerja lebih cepat, dengan harga untuk yang seri terbaru ini mencapai  ratusan juta.
5.Prosesor Intel® Xeon Phi™
Untuk Prosesor Seri Intel Xeon Phi ini merupakan seri lain dari Xeon di atas, perbedaannya adalah Seri Prosesor ini mempunyai jumlah inti hingga 72 Core.
6.Prosesor Intel® Itanium®
Prosesor Seri Itanium Ini Merupakan Seri Prosesor Server Yang Lebih Rendah Dari Xeon, Dan Seri Terbarunya Adalah Intel® Itanium® Processor 9720 dengan harga kisaran hingga 19 Juta.

7.Prosesor Intel Atom®
Sesuai dengan namanya Intel Atom, Atom,biasanya prosesor ini digunakan untuk seri seri perangkat mini, seperti Smartphone, Mini PC, Notebook, dsb,


8.Intel® Quark™ SoC
Dan ini yang terkakhir yaitu Intel Quark, untuk Seri Ini biasanya Prosesor ini digunakan untuk mikrokontroller.




Mungkin itu saja dari Saya Artikel tentang Sejarah & Perkembangan Prosesor Intel Hingga Saat Ini, semoga dapat bermanfaat, jika ada koreksi jangan sungkan untuk berkomentar, dan jika ada yang ingin ditanyakan juga bisa berkomentar, Insya Allah Saya akan bantu menjawab, dan jangan lupa untuk share ke teman-teman atau keluarga tersayang kalian. Wassalamua'laykum.

Comments

Masukan Komentar Dengan Bijak Serta Dapat Di Mengerti
EmoticonEmoticon