Cara Mengembalikan File Yang Terhapus

Sabtu, 25 Februari 2017

Cara Mengembalikan File Yang Terhapus


Seperti yang kita tahu , saat ini secara perlahan masyarakat mulai meninggalkan berkas dokumen konvensional Seperti yang kita tahu bahwa saat ini banyak sekali data digital penting yang dimiliki oleh seseorang atau lembaga. hal itu membuat betapa data digital itu adalah data yang sangat penting, dan mungkin juga termasuk bagi anda. tapi apa jadinya jika data digital yang penting itu hilang? Terkadang sebuah aktivitas kita di komputer menyebabkan terhapusnya data-data penting yang ada di komputer. Atau karena kita berfikir data tersebut sudah tidak dipakai lagi akhirnya kita secara sengaja menghapusnya. Lalu apakah jika data sudah terhapus bisa dikembalikan lagi? tentu saja bisa. Jika kita berusaha maka ada banyak cara mengembalikan file yang terhapus.
Untuk lebih jelasnya, inilah cara mengembalikan file yang terhapus, yaitu:

  1. Periksa kembali file kamu di recycle bin.


    Sebenarnya untuk menghapus data atau file dalam komputer ada dua cara, yaitu data itu dihapus secara permanen atau sementara saja. Jika data itu dihapus sementara maka kita masih bisa menemukannya di folder recycle bin dan bisa jadi itulah yang kita lakukan pada data di komputer tersebut. Untuk itu, sebelum anda melakukan banyak hal untuk mengembalikan file yang hilang, sebaiknya cek dulu di recycle bin komputer anda. caranya masuk ke tampilan awal komputer anda lalu pilih recycle bin. Jika anda menemukan file yang anda cari disana maka untuk mengembalikannya sangat mudah. caranya klik kanan pada file tersebut lalu pilih restore, maka secara otomatis file tersebut akan kembali ke tempat atau foldernya yang awal.
  2. Menggunakan software Recuva.
    Cara di atas tidak selalu bisa anda lakukan karena mungkin saja data yang anda miliki sudah terlanjur terhapus dengan permanen. Untuk itu anda harus mengembalikannya dengan aplikasi. Anda bisa menggunakan aplikasi Recuva untuk mengembalikan data anda yang telah hilang tersebut. Ini adalah sebuah software recovery yang cukup ternama dan mudah digunakan. Software ini sudah dipercaya oleh banyak orang untuk mengembalikan data yang terhapus secara permanen, baik itu karena terformat, crash system, maupun karena adanya pengosongan recycle bin.
    Cara Mengembalikan file yang terhapus permanent dengan recuva :
    1. Langkah pertama anda harus download dan instal aplikasi Recuva ini di laptop atau komputer anda dengan cara dobel klik pada file tersebut.
    2. Jika muncul Account Confirmation maka pilih saja yes.
    3. Setelah itu biasanya akan muncul jendela Welcome to Recuva, maka pilih saja next dan ikuti petunjuknya sampai instalasi selesai.
    4. Jika proses instalasi selesai maka akan muncul tampilan dashboard menu recuva. Jika sudah seperti itu berarti instalasi recuva sudah selesai.

    5. Selanjutnya anda tinggal memilih file yang akan dikembalikan berdasarkan periode waktu sesuai yang anda mau. Tapi jika anda tidak tahu waktunya maka klik saja All Files, selanjutnya klik lagi All Time untuk memudahkan pengembalian file yang hilang.


    6. Langkah berikutnya adalah anda akan diminta untuk menentukan lokasi dimana file yang anda cari atau file yang hilang. Ini pun tidak harus anda pilih karena jika anda lupa maka anda bisa klik I'am not sure.

    Di atas adalah langkah-langkah untuk melakukan identifikasi file yang hilang. Perlu anda tahu semakin banyak informasi yang anda lupa tentang file yang hilang tersebut maka proses pengembalian file tersebut akan semakin lama. Dan jika proses identifikasi sudah selesai maka klik saja Start maka software pun mulai mengecek file mana saja yang sedang anda cari. Waktu yang dibutuhkan dalam proses ini tergantung pada jumlah file dan ukuran file yang anda kembalikan.



    Semakin besar dan banyak file yang harus dikembalikan maka proses ini akan semakin lama. Jika sudah selesai maka akan tampil semua file yang hilang. Setelah data file yang dibutuhkan sudah ttampil di layar, maka yang harus anda lakukan adalah beri ceklis / centang pada file yang akan anda kembalikan, maka akan terjadi recovery semua file yang anda miliki. Anda tinggal mengecek saja file tersebut di folder yang sudah anda atur sebelumnya.
  3. Menggunakan software PC Inspector File Recovery.
    Sebenarnya software ini lebih pas untuk mengembalikan folder atau file yang hilang di memory card karena jika software ini digunakan untuk mencari file di hardisk maka hal itu akan memakan waktu yang lama. Ini karena software ini mencari semua file dengan detil sehingga waktu yang dibutuhkannya juga lebih lama.
    Cara mengembalikan file yang terhapus dengan PC Inspector File Recovery:
    1. instal lebih dulu aplikasi ini di komputer anda. setelah selesai, pilih bahasa akan digunakan. Sebaiknya pilih bahasa inggris karena untuk bahasa Indonesia sampai sekarang belum tersedia. 2. Jika sudah, klik centang gambar hijau yang ada di tampilan software tersebut. Jika sudah maka anda akan diberi beberapa pilihan, yaitu
    Recover Delete File untuk menemukan file atau folder yang pernah terhapus,
    Find Lost Data yang berguna untuk menemukan folder atau file yang sudah terformat,
    dan Find Lost Drive yang berguna untuk menemukan file yang ada di drive tersebut.

    3. Pilih salah satu lalu klik Recover Delete File. Setelah itu, menentukan letak file yang akan anda kembalikan tersebut lalu klik lagi centang hijau yang ada di layar komputer anda, maka akan muncul data file yang sedang anda cari. Setelah itu, simpan file atau folder yang ingin anda kembalikan tersebut ke Directory yang anda mau.

    4. Klik lagi gambar roda dan beri tanda centang merah di layar komputer anda. setelah itu beri nama folder yang baru sesuai dengan yang anda mau lalu ikuti petunjuknya sampai selesai.

  4. Melalui cmd di komputer.
    Cara mengembalikan file yang terhapus lainnya adalah dengan menggunakan cmd. Cara ini bisa dilakukan jika file yang hilang tersebut berada di flashdisk. Perlu anda tahu bahwa sebenarnya jika data itu hilang di flashdisk biasanya ini terjadi karena data tersebut terkena virus. Virus akan membuat file tersebut menjadi super hidden dan menggantinya dengan shortcut sehingga file itu tidak bisa dibuka lagi.Tapi anda tidak perlu hawatir.
    Anda tetap bisa mengembalikannya dengan mudah. caranya
    1. colok kembali flashdisk yang ada data yang ingin dikembalikan ke komputer.
    2. Hapus semua shortcut yang ada di dalam flashdisk tersebut sehingga flashdisk akan kelihatan seperti kosong.
    3. Setelah itu tutup flashdisk anda lalu tekan tombol start atau windows pada komputer anda lalu ketik cmd.
    4. Cara lainnya adalah anda juga bisa ketik star, All Programs, Accessories, lalu klik lagi Command Prompt. Setelah masuk ke tampilan Command Prompt, ketik perintah huruf sesuai dengan posisi flashdisk anda. misalnya flashdisk anda berada di drive G maka ketik huruf G, dan sebagainya. sesuaikan huruf yang anda ketik dengan drive flashdisk anda tersebut.



    5. Lalu ketik perintah "attrib -s -h *.* /s /d" tanpa tanda petik. Perhatikan juga spasinya, jangan sampai salah. Ketikan persis seperti di atas. Dan jika semua langkah sudah anda lakukan dengan benar maka anda tinggal cek saja data anda yang hilang di flashdisk. Jika semua langkah sudah anda lakukan dengan benar maka kemungkinan besar data anda juga akan kembali seperti tadi.

Itulah beberapa cara mengembalikan file yang terhapus. Semoga bermanfaat.

This Is The Newest Post

2 komentar

Ini hasilnya tetap sama atau ada yang berubah mas?

kalau file nya masih baru terhapus file nya tetap mas, tidak ada perubahan

Masukan Komentar Dengan Bijak Serta Dapat Di Mengerti
EmoticonEmoticon